Sunday, February 15, 2009

ENSURE

Ensure merupakan nutrisi lengkap dan seimbang yang dapat digunakan sebagai makanan tambahan. Dengan kandungan asam lemak esensia (Omega 3 dan Omega 6) dan rendah kolestero yang sesuai bagi mereka yang ingin mempertahankan pola makan yang baik. Ensure juga mengandung FOS yang merupakan serat prebiotik yang baik untuk saluran pencernaan karena membantu mendorong pertumbuhan bakteri yang baik dan menekan pertumbuhan bakteri jahat.
Ensure dapat digunakan untuk meningkatkan asupan kalori dan protein bagi yang sedang sakit atau dalam masa penyembuhan serta untuk menjaga asupan nutrisi yang baik dan membantu mempertahankan berat badan.
Ensure merupakan susu dengan bebas gluten dan lactose
• Tidak diperbolehkan untuk galactosemia.
• Tidak untuk pemakaian parenteral (intravena)
• Ensure gak boleh dikonsumsi anak-anak dibawah 4 tahun. Untuk anak kecil sebaiknya mengkonsumsi pediasure saja.

Kandungan yang ada di dalam ensure antara lain:
• protein
• lemak (asam linoleat)
• karbohidrat
• mineral : calsium, Phosphor, Magnesium, sodium, potassium, chloride, Zinc, Iron, Copper, Mangan, Iodium, Selenium, Chromium, Molybdenum.
• Vitamin : Vitamin A, Vitamin D, Vitamin E, Vitamin K1, Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12, Niacinamide, Asam pantothenic, asam folic, biotin, chlorine

Q dah merasakan manfaat susu yang satu ini. Q mulai mengkonsumsi ENSURE sejak tanggal 20 Maret 2007. Waktu itu q biz operasi hemimaksilektomi (amputasi rahang atas), hemimandibulektomi (amputasi rahang bawah) dan rekonstruksi dengan plate. Pada waktu itu q ga boleh dan malah gak bisa makan dan minum melalui mulutq. Dan untuk makan dan minum harus melalui NGT (selang) yang dimasukkan melalui lubang hidungq. Panjang selang mencapai lambungq. Jadi mau ga mau yang masuk ke dalam perutq harus dalam keadaan cair. Bisa berupa susu, bubur saring, jus buah2an. Karena tiap kali q konsumsi bubur saring selalu bermasalah, yaitu sering macet di tengah-tengah selang dan juga proses buatnya lama akhirnya q memilih yang gak bikin aq ribet yaitu susu. Q disarankan oleh dokter untuk minum ENSURE.

Cara menyeduh ensure : Pertama2 q menyiapkan gelas dengan kapasitas 250 ml, mengambil air hangat2 kuku 210 ml. Kemudian q memasukkan 6 sendok ensure. Dan aduk sampai homogen.
Susu ensure ada 3 rasa yaitu: vanila, coklat, dan stroberry. Selama q ga bisa makan q mengkonsumsi ensure 7-9 gelas tiap harinya. Alhasil q jadi ga lemes walopun q ga makan nasi. Karena ensure menyediakan kurang lebih tadi 1 kcal/ml larutan.
Q baru bisa makan normal gak pake NGT pada bulan Juni 2008 yaitu setelah operasi rekonstruksi maksila pada tanggal 28 Mei 2008. Setelah q bisa makan q memutuskan untuk pindah ke susu lain yang harganya lebih murah. Tapi.. alhasil q jadi sering lemes, kena infeksi dan sering kecapekan tiap biz melakukan aktifitas. Padahal dulu selama q konsumsi ensure q merasa staminaq OK n gak mudah capek.
Akhirnya q memutuskan untuk kembali lagi mengkonsumsi ensure. Oia..dibanding susu susu yang lain rasa dari susu yang satu ini sangat lezat loh...Pokoknya mantap banget deh. Emang sie harganya lumayan mahal (160ribu-an/kg) tapi manfaatnya itu yang paling penting.

26 comments:

Vidy said...

Dear Mba widy, ensure kira2 bisa dibeli dimana ya? Apa tersedia bebas di pasar/swalayan? makasih mba..

leanna.vidya@gmail.com

elyzha_widi said...

Dear mas Vidy..Susu ensure bisa dibeli di swalayan besar ma apotek koq... Buktikan manfaat dan rasakan kelezatannya dibanding susu2 lain.. Dijsmin lain dan ga maw pindah haluan. Heehehe

elyzha_widi said...
This comment has been removed by the author.
elyzha_widi said...

Dear Vidy.. sory.. kirain cowok.. tyt cewek yah...
MAng posisi vidy dimana? klo dijakarta kebayakan semua swalayan(carefoir n giant)jual susu ENSURE. Klo saya sendiri sie biasanya beli di RSCM bag radioterapi, coz harganya lumayan miring. Kalo di swalayan harganya sekitar 180ribuan/kg sedang di RSCM 170ribu.
Thanks to commentnya..

Anonymous said...

Salam blogger mbak,
Sya mau nanya ni tentang cara minumnya itu lho. Apa memang 6 takaran sekali minum ya. Ga kebanyaan tu, artinya jadi kental ya minumnya, 250 ml tu kan gelas ukuran normal.
Sya ga ada sakit apa2, pengen nambah berat badan aja,. biasa sya minum hanya dengan 2 takaran aja 2 x satu hari.
Kira2 cukup ga ya kalorinya.

elyzha_widi said...

Salam blogger jg mas,
Kalo tanya masalah kebutuhan kalorinya cukup ato gag saya belum bisa menjawab. Soalnya tiap orang kebutuhan kalorinya berbeda2, tergantung aktifitas mas itu kyk gmn.
Menurut yang ada di kaleng ENSURE dalam 250 ml (6 sendok+ 210 ml air) itu mengandung 251 kcal.
Waktu itu saya dianjuri minum dengan takaran segitu sebanyak 9 gelas /hari oleh dokter saya. Supaya asupan ke tubuh cukup. Sebab waktu itu saya sama sekali ga bisa makan dan saya masih aktif kerja. Susu ENSURE waktu itu saya konsumsi sebagai suplemen pengganti makan.

Sampai sekarang saya masih minum ENSURE karena saya sudah jatuh cinta ma tuh susu, dan supaya stamina saya tetep OK. Tapi dosis minumnya berbeda ga kayak dulu yaitu 3-4 gelas dalam takaran yang sama. Dan menurut saya dalam takaran segitu rasa lezatnya baru kerasa mantep. Pada dasarnya saya suka yg manis2 sie..hehehhe..
Untuk lebih jelasnya supaya program nambah berat badan lancar lebih baik konsultasi dengan dokter ahli gizi aja gimana???
Thanks

Anonymous said...

pagi mba

mau informasi donk...siapa saja yg boleh mengkonsumsi susu ensure?
apakah hanya untuk orang sakit?ato yang susah makan?
klo saya mengkonsumsi susu ensure akan aman?karena samapai detik ini alhamdulilah saya di beri kesehatan...saya sih udah beli tapi belum di coba karena ingin cari info dulu
makasih mba

elyzha_widi said...

Malem..
Sebelum n sesudahnya terima kasih atas comment-nya. Maaf baru bales, susu ensure baik diminum siapa saja kecuali anak umur dibawah 4 tahun. Kalo anak-anak dianjurkan pediasure saja kok..
Untuk orang sakit sangat dianjurkan karena untuk mempercepat penyembuhan karena kandungan nutrisinya lengkap.
Dan untuk orang sehat juga boleh kok.Supaya stamina tetap terjaga. Tapi bagi yang punya masalah cepet gemuk jangan terlalu banyak minum ensure, mgk 1-2 gelas sehari ga masalah. Intinya diperhitungkan juga kebutuhan kalori yang dibutuhkan. Untuk cara perhitungsn kalori ada dipostingan saya bulan oktober 2009.
Thanks

Anonymous said...

Dear... mba vidy.
Mbak,saya Utyen berusia 21 thn. Saya punya masalah dengan berat badan. Tinggi saya 165 cm dan berat saya 44. Saya ingin menaikkan berat badan. Naik 1 kg aja susah mbak,kadang nafsu makan, kadang tidak nafsu makan. Segala masukkan dari keluarga dan kerabat sudah saya jalani. Dan saya sudah cek ke dokter, tapi tidak ada penyakit apapun. Jika saya minum ensure kira - kira apakah bisa menaikkan berat badan saya mbak?

Terima kasih mbak..

utyenreverheart@yahoo.com

elyzha_widi said...

Dear Utyen..
Terimakasih dah berkunjung di blog saya, sblumnya minta maaf, krna sibuk jadinya lama g buka blog.Jadinya balesnya telat dech..
Untuk sebagian orang yang ga nafsu makan ensure bisa dijadikan sebagai pengganti makan, soalnya bisa mengenyangkan dan smua nutrisi yg dibutuhkan tubuh ada didalamnya. SAya kira bisa kok..Tapi kalo Utyen orangnya susah gemuk, saran saya dibarengi dengan olahraga yang secara teratur..

fimella said...

Ensure bisa didapati di MITRA SUSU Jl. RS Fatmawati No.72 Kios Taman, Pd. Labu telp 021-91016260/0813-1878-7070...so pasti harganya lebih miring dari apotek/pasar modern seperti supermarket/mall...

Unknown said...

Bu widi kirim pin bb ibu lah saya sharing ttg ensure.trima kasih.

Anonymous said...

Oh iya...apa ada ensure kemasan kecil siap minum?

Anonymous said...

Pagi mbak...
mbak,saya cici umur 25 tahun...saya punya abang skrng lg menderita sakit kanker getah bening,penyebaran kankernya udh sampai k hati.kemarin ne sempat d kemo.setelah d kemoterapi abg g mau makan.jd klo mengkonsumsi susu ensure ne bs g mbak,terima kasih..

Three K said...

Apa bnr ensure bisa buat diet, ngurusin gt?

dyna said...

siang mbak,,mau nanya ni,,saya ibu menyusui,,apakah ensure boleh dikonsumsi sama ibu menyusui ?? berat badan saya menurun mbak karna saya menyusui,,selera makan saya pun nggak ada serta cemilan pun nggak suka.apakah susu ensure boleh saya konsumsi mbak ?? makasiii

Unknown said...

Maaf mba widi apakah ensure bikin gemuk? Ini sy mau komsusi ensure karna gratis jadi sayang kl tdk d minum

doan said...

fb ibu elyzha ada ? biar sharing sesama komsumsi ensure

Unknown said...

Assalamualaikum,
saya mengkonsumsi susu ensure sudah 1 tahun ini, melalui NGT karena tdk bisa makan minum akibat radiasi dan khemo intuk kanker pita suara. Sehari 5 sampai 6 pack @200 ml dgn kalori 300 k kal. Selama ini BB tdk menurun tetap bertahan dan aktifitas sehari-hari berjalan normal walaupun hanya mengkonsumsi ensure.

Unknown said...

Hai Blogger,

AKu mau tanya dunk.
aku beli susu ensure itu untuk mama aku, karena tangannya suka sakit & nyilu bahkan kadang2 susah untuk di gerak kan.
nah susu ensure ini kan tinggi kalsium.aku mau cb ksh ?kira2 bagus n berguna ga ya.
untuk takaran nya sendiri saya bingung, karena kalau di kaleng itu 6sendok (apa ga terlalu banyak ya )
mohon pencerahan.tq

Sempurna Service said...

Hallo, mba...
Sy mau tny, kira2 ensure boleh dikonsumsi oleh ibu hamil muda ga y? Skrg sy sudah hamil 11minggu, tp susah makan, jd lemes trs.

Unknown said...

Hallo,
Mw taxa Klo untuk asam lambung boleh GK minum ensure..karena berat badan smakin turun..

Unknown said...

Hallo,
Mw taxa Klo untuk asam lambung boleh GK minum ensure..karena berat badan smakin turun..

Mita said...

pagi mbak,,
saya saat ini minum susu ensure, dan kalau boleh jujur khasiatnya bagus loh, baru minum satu kaleng nafsu makannya udah berubah, kalau telat makan aja pasti rasa2 lapar gak tertahan yg buat saya rajin masak stiap hari,naik nya berat badan sih gak langsung drastis, tapi susu ensure ni memang benar2 mmbuat badan saya slalu fit,,, trimakasih susu ensure

Unknown said...

Assalamu'alaikum, malam. Mau coba bantu jawab yang saya tahu saja.

- ensure bisa untuk diet?
InsyaaAllah bisa, dengan kadar yang lebih sedikit. Caranya minum ensure 2 kali sehari, untuk pengganti sarapan dan pengganti makan malam sedangkan untuk makan siang bisa makam seperti biasa, namun hal ini tetap harus diperhitungkan kalorinya dan dibarengi dengan olahraha 30 menit sehari.

- bisa ga untuk nambahin berat?
InsyaaAllah bisa banget, caranya konsumsi ensure setiap selesai makan, bisa pada waktu saraoan makan siang dan makan malam. Bisa juga ditambah untuk menjadi cemilan sore atau malam. Lakukan rutin insyaaAllah memberikan dampak

-aman tidak utk asam lambung?
Saya dulu penderita sakit ulcus (luka dinding lambung) ini dikarenakan asam lambung saya yang berlebih dan magh kronik yg saya derita, alhamdulillah sekarang sudah sembuh hanya saja asam lambung saya suka tinggi, tapi susu ensure alhamdulillah selama saya minum tidak memberikan dampak atau efek terhadap peningkatan asam lambung saya yg tinggi. Jadi selama saya minum tetap aman.

- untuk kepadatan tulang?
InsyaaAllah bisa, dengan komposisi ensure yangbtinggi akan kalsium bisa membantu meningkatkan kepadatan tulang.

- ensure ada kemasan kecilnya ga?
Ada, berupa sachet dan bisa di dapatkan di apotik, atau beberapa toko swalayan

Sekian yang bisa saya share, semoga bisa membantu menjawab. Mungkin kurangnya bisa ada yang menambahkan atau bahkan mengoreksi, silahkan dan terimakasih

Unknown said...

Susu ensure aman g buat yg punya diabetes