Saturday, February 7, 2009

Me n sick 6 "Radioteraphi"

Saat itu setelah q menjalani operasi up fixasi dengan drg Dwi, q merasa senang banget karena q bentar lagi bisa buat cetak gigi palsu. Tapi ternyata hal itu tidak terjadi. Q kecewa banget, karena pada saat itu dari drg Grace bilang kalo cetak giginya nunggu setelah radiasinya selesai. Karena takutnya nanti bentuknya berubah ubah. Dan drg. Grace menyarankan untuk datang buat cetak yaitu 1 minggu setelah radiasi berakhir.
Q pun akhirnya menjalani radiasi selama 30 kali di radioterapi di RSCM. Waktu itu q pakai ASKES bayarnya kalo dibuletin 4 jutaan. Bayar itu udah termasuk dari jasa sinar dan konsultasi dengan dr. Nana. Q dapat jadwal untuk mulai sinar tanggal 27 Juli 2007. Sebelumnya q dimoulding dulu, yaitu cetak mukaku untuk dibuatin topeng. Topeng itu nantinya dipakai pas teraphi.
Saat mo teraphi q takut banget, q takut nanti didapalm diapa2in dan q juga takut dari orang2 efeknya jadi mual2, kulit item dan ada juga orang yang biz radiasi jadi kena kanker lain di tubuhnya. Karena sinar menggunakan sinar X yang sangat berbahaya. Tapi setelah q jalani ternyata ga menakutkan seperti yang ada dalam bayangan q.
Terapi dilakukan setiap hari kecuali hari sabtu dan minggu. Setiap lima kali sinar q mesti chek hemoglobin di lab. Alhamduliah hemoglobin selalu stabil, karena selain minum susu q juga rajin minum jus beet root, tomat dan wortel. Kebetulan q sinar/ radiasinya dapat sore hari, jadi pagi harinya q kerja dan pulang jam 2.30 dari kantor untuk teraphi. Q pergi ke RSCM awalnya naik taxi dianter temen. Abis itu q dianter Widi/Dedi temen kantorq pakai motor. Karena q merasa gak enak dan kasian ma mereka yang biz nganter aq pasti kecapekan q akhirnya berangkat sendiri pakai taxi. Q memilih pakai taxi karena awalnya waktu itu q merasa minder. Setelah rasa minderq dah ilang q memiih pakai taxi cuma kalo pas kondisi tubuhq yang lemah. Selain itu q naik kendaraan umum. Kondisi tubuhq lemah sejak sinar ke 10. Jadi mual2 dan lemes banget. Untungnya q saat itu pakai NGT, jadi masih bisa ada nutrisi yang masuk ke perut. Diantara orang2 yang sinar di RSCM kebanyakan gak ada nafsu makan. Tiap dimasukin makanan langsung muntah. Selain itu q juga jadinya sering diare. Waktu q biang ke dokter katanya itu efek sinar.
Pada hari ke 17 q mengalami infeksi pada pipiq, pipiq jadi bengkak dan daerahg dekat mataq ada benjolan. Setelah minum antibiotic keluarlah nanah dari benjolan itu. Gak di situ saja, di dagu kanan q juga keluar nanah. Akhirnya q istirahat dari sinar untuk 3 hari, dan setelah itu q mulai lanjutin jadwal sinar. Waktu itu q bener2 takut kenapa seteah sinar jadinya begini, tapi setelah q Tanya dr Nana, ternyata dengan keluarnya nanah itu malah bagus, karena dengan begitu penyakit ga numpuk didalam.
Setelah sinar ke 21an separuh wajahq jadi agak item itu juga merupakan salah satu dari efek sinar. Selama sinar mukaku ga boleh kena air, dan kena sinar matahari. Jadi q mandi Cuma separuh badan aja. Dan kalopun keramas q mesti hati2 supaya ga kena mukaq.
Akhirnya hari terakhir sinar datang juga, q senang banget. Setelah dapat surat dari dr Nana q kembali control ke dokter bedah tumor.

No comments: