Saturday, February 7, 2009

Opung Remina Q

Opung Remina sudah meninggal bulan Agustus 2007. Q bener2 sedih banget waktu mendengarnya. Opung kena kanker pada mandibula (rahang bawahnya). Pertama kali q kenal waktu q maw biopsy di Rumah Sakit Dr Cipto Mangunkusumo, sedangkan opung sedang menjalani kemotherapi. Opung berumur 70an tahun, dia kurus banget. Dari dia pula q ada semangat untuk sembuh, selain aq masih banyak lagi orang2 yang meniru semangat beliau. Kebanyakan orang tiap kali kemo ga doyan makan n minum. Tapi beliau beda, walopun mual2, tapi tetep dipaksain memasukkan susu ensure ke perutnya.
Susu Ensure, untuk orang sakit susu itu bisa jadi pengganti makan. KArena kandungan suplemen di dalamnya sangat lengkap. Q dah membuktikannya selama 1 tahun 3 bulan. Selama itu q selalu mengkonsumsi susu ensure saja karena saat itu gak memungkinkan q makan makanan yang lain. Tiap hari q minum 7-10 gelas @ 250 ml. Dan selama q konsumsi susu itu stamina q tetep OK. N Gak suka Drop. Setelah q dah gak pake NGT q mencoba untuk pindah pemakaian susu ke susu yang harganya lebih murah. Tapi sejak saat itu q jadi sering lemes, dan suka drop. Dan aq pun memutuskan untuk kembali lagi ke ensure lagi.
Kembali ke Opung lagi yah..
Maida juga meniru semangat opung Remina. Waktu itu Maida abis operasi. Hampir tiap hari dia marah marah, ngambek karena ga bisa ngomong, makan dan minum seperti biasa. Akhirnya diapun minum susu ensure utuk suplemen tubuhnya. Awalnya emang gak mau, tapi lama2 setelah melihat opung diapun mau juga. Opung tempat tidurnya tepat di depan Maida. Oia..opung jarang banget ngomong sama qt2, bukan karena opung sombong, tapi itu karena opung gak bisa bahasa Indonesia karena dia batak tulen. Opung kalo ngomong cuma pakai gerakan aja. Kalo qt ga paham mbak Murni anaknya yang paling setia menemani dia akan menterjemahkan.
Setelah biopsy q pulang lebih dulu daripada opung karena kemotherapi nya masih kurang 2 hari lagi, dan q ketemu opung pada saat q masuk mo operasi bulan April. Waktu itu opung juga mau operasi pengangkatan tumornya. Kali ini kita ga sekamar lagi, opung dapat ruangan disebelah ruanganq. Q sering banget main ke tempat opung dan ngrumpi bareng-bareng ma orang2 situ. Waktu itu q di operasi duluan dan opung 3 minggu setelah aq.
Jadi setelah q agak mendingan bisa liat keadaan opung saat itu. Ternyata opung juga rekonstruksi dengan plate pada mandibulanya. Dia pake plate kayak aq dan ditambah lagi dia pake donor kulit dari dahi dia untuk menyangga platenya.Para dokter dan suster menyebutnya lontong,karena penyangganya emang mirip bentuk lontong , ini Cuma sekedar buat candaan biar waktu ronda ga tegang.
Sekali lagi aq pun pulang lebih dulu dari Opung, sebelum pulang q pamitan ke semua orang baik dikamarq maupun di kamar opung. Q bener2 merasa kehilangan pada saat itu. Kehilangan saat2 bersama mereka. Dan hari itu q juga sekaligus takut. Takut untuk pulang dengan wajahq yang kayak gini. Saat itu q pakai NGT dan masker pada mukaku untuk menutupi wajahq yang dah cacat. Dan juga untuk menanggulangi air liur yang selalu keluar dari mulutku. Karena waktu operasi separuh rahang atas dan bawahq sebelah kanan di amputasi, jadinya q ga bisa menutup mulutq.
Q keluar dari RSCM dengan hati deg2an. Tapi q berusaha menutupi rasa maluq. Q takut ortu q sedih melihat aq malu menghadapi dunia luar. Tapi kayaknya mereka tau juga, tapi q pura-pura ga tau. Q pulang ke kosan q di cipulir. Temen2 kos langsung pada nengok ke kamarq, saat itulah q merasa jadi Elisa yang lain, yang punya kelemahan. Mereka bisa ngomong dengan enak, sedangkan aku ngomong aja mesti nuis dulu. Dan Saat itu pula q merasakan lebih enakan ngomong dari pada nulis. Karena ada sebagian orang yang gak paham dengan tulisanq. Tapi seteah q ingat lagi opung remina, q merasa lebih bersyukur lagi karena aq masih bisa menulis untuk berkomunikasi dengan yang lainnya. Sedangkan opung dia but abaca tulis. Beliau ga bisa membaca maupun menulis. Jadi setelah operasi baik keluarga maupun dokter susah untuk berkomunikasi. Saat itu opung juga ga boleh dang a bisa ngomong untuk sementara waktu. Tapi Opung tetep dengan semangatnya untuk sembuh walopun usianya sudah lanjut.
Setelah operasi q kira opung dah sembuh total, tapi tidak.. Donor kullit dan dagingnya mengalami infeksi dan mulutnya jadi mengeluakan nanah. SAat itu opung sudah tidak pakai NGT sedangkan aq masih setia dengan NGTq. Awalnya q merasa iri karena opung cuma pakai NGT lebih sebentar dari aq, tapi setelah melihat keadaan opung yang kena infeksi q jadi merasa lebih beruntung dan q kasian banget melihatnya. Q pun menyarankan ke Mbak Murni bagaimana kalo opung dipasang NGT lagi, sebab kalo gak gitu ga ada nutrisi masuk ke perutnya, karena mulutnya kena infeksi. Dan akhirnya dari saranq disampaikan ke dokter dan opung pakai NGT lagi.
Dan untuk ke sekian kalinya q ketemu ma opung lagi, yaitu di bagian radioteraphi. Q disarankan untuk radiasi untuk membunuh akar2 tumor, terutama yang ada di belakang mata kananq. Q waktu itu pakai ASKES jadi q bisa milih dokter spesialis nya dan juga bisa cepet dapat jadwal yaitu mulai tanggal 27 Juli 2007 dan berakhir tanggal 9 Agustus 2007. Dan saat itu q dapat konsultasi dan pemantauan dari dr. Nana Sp. Rad. Sedangkan opung karena pakai GAKIN terpaksa harus antri dan Cuma dapat dokter yang masih belajar dan belum spesialis. Opung dapat jadwal radiasi bulan Agustus 2007. Dan karena gak mau nunggu lama di Jakarta opung minta pulang kampong dulu. KArena di Jakarta dia merasa ga nyaman dan sering mimpi yang menakutkan. Itu kata mbak Murni. Tapi waktui mbak Murni menjemputnya lagi untuk dibawa ke Jakarta untuk radiasi, ternyata opung sudah ga kuat dan beliau meninggal dengan membawa penyakitnya itu. Q bener2 sedih banget.. Opung dah kayak nenek bagiq. Q suka banget ma keluguan opung, canda opung yang mesti ditranslit mbak Murni.
Opung Remina..
Semoga Semua Amal kebaikanmu diterima Tuhan
Dan semoga Opung gak merasakan sakit kayak dulu lagi..
Semoga opung bahagia di Sisi Nya..
Terimakasih opung…….

No comments: