Friday, February 13, 2009

Me n sick 10 " Operasi 2x dalam 1 bulan"

Tanggal 13 Oktober 2008 q control ke bedah plastic. Q menyerahkan hasil kultur yang telah dilakukan sebelum lebaran. Sebenernya hasil itu dah jadi 1 hari sebelum libur lebaran, yaitu hari jumat. Tapi berhubung hari Jumat dr Enrina ga praktek akhirnya baru q serahkan sekarang. Setelah dibaca dr Enrina, ternyata beliau menyarankan aq untuk dirawat hari itu juga. Karena terinfeksi oleh virus yang berbahaya bagi tulang2 yang baru ditanam bulan kemarin. Saat itu juga q langsung urus surat rawat ke P3RN. Untung saat itu q gak sendirian. Ada ivo dan Dwi yang nemani aq kontrol.
Setelah urus2 suratnya, q pulang dulu untuk ambil barang2 yang dibutuhkan untuk dibawa ke RS, antara lain: baju, obat2an, susu, perlengkapan mandi dan gak ketinggalan membawa mukena. Lagi2 q dapat kamar 405. Waktu q masuk ke situ q bareng ma Buk Saeni.
Karena sampai malem q gak dikunjungi dokter, akhirnya aq sms dr Ali, dan beliau menjawab kalo tar lagi dr Deni datang. Karena malam itu dokter plastik yang jaga adalah dr Deny. Karena bete nunggin dr Deny, akhirnya q tertidur. Dan jam 11 malem dr Deny datang ke kamar dan bangunin aq. ”Duh..kan ngantuk buanget...” batinq. Tapi dr Deny ga perdulu dan dia masih berusaha mengorek keterangan dari aq. Karena q masih ogah2an ditanya dan suaraku ga gitu jelas, dr Deny akhirnya nyuruh q nulis sendiri semua keterangan yang dia butuhin. ”Uh...”batinku.
Setelah selesai mengorek semua keterangan dari aq, dr Deny akhirnya nulis resep buatku. Dan resep itu langsing dikasih ke suster.
Keesokan harinya resepnya masih lum datang, dan akhirnya setelah suster telp ke apotek ternyata obatq itu harganya mahal makanya butuh tanda tangan dari pihak keluarga yang menyatakan setuju untuk memakai obat itu. Karena ortu q ga ada di jakarta dan yang aq pake adalah ASKES sendiri maka aq sendiri yang tanda tangan. Setelah itu baru obat yang diresepin dr Deny keluar. Aq pun ga lupa begitu tau obat itu harganya mahal, q sms pak Acun (orang Tzu Chi). Dan beliau bilang kalo nantinya dibantu oleh yayasan. Tapi q juga mesti kasih kontribusi ke yayasan juga. Walo beberapa ribu dari total biaya.
Obat yang dikasih ternyata dalam bentuk ampul yang harus dicairin dengan cairan infus NaCl. Q dikasih antibiotik itu sehari 2 x yaitu pagi dan malem.
Tanggal 27 Oktober 2008 q dioperasi lagi, yaitu Operasi pembersihan infeksi di pipi oleh Bedah Plastik (dr. Enrina Sp.BP, dr. Ali Sp. B dan dr Teuku Sp.B) di RSCM. Operasi kali ini Cuma sebentar, ga selama operasi2 sebelumnya. Waktu operasi q ditunggui oleh bapak ma mama q. Mereka datang dari kudus hanya untuk menunggui aq waktu operasi. Operasi waktu itu aq ga harus masuk ICU. Duh..bener2 seneng deh saat tau bangun2 q dah diruangan gedung A. Keesokan hari setelah operasi q dah bisa duduk dan ke kamar mandi. Setelah tau keadaanq dah baik, ortupun akhirnya pulang ke kudus dan ganti di tunggui Cici2 ade’q.
Kata dokter Q di RS sampai bener2 dipastiin dah ga infeksi lagi. Setelah dipastiin dah ga infeksi ternyata q dijadwal untuk operasi penipisan flap. Yaitu tanggal 13 November 2008. Tapi hari itu q batal operasi. Karena tiba2 aja terjadi pemadaman listrik di RSCM. Dan ruang OK yang q tempati kebetulan ga terjangkau genset. Jadi operasi ditunda. Waktu itu q dah sempat di infus dan nunggu di OK selama beberapa jam. Waktu itu q merasa bersyukur banget karena q lum sempat di oprasi. Q ga bisa banyangin klo di tengah2 berjalannya operasi tiba2 listriknya mati. Untuk menghibur kekecewaanq karena mati listrik, dokter kasih cuti aq hari sabtu-minggu. Q dibolehin ke Book n computer Fair di JCC.
Akhirnya tanggal 18 November 2008 q dapat jadwal operasi. Pada hari itu keluargaq ga bisa datang. Q ditungguin Dwi ma Ivo.Operasi penipisan Flap dilakukan oleh Bedah Plastik (dr. enrina Sp. BP, dr Krista Sp.BP, dr. Huntal Sp.B , dan dr Utama Sp. B ). Operasi berjalan Cuma sebentar dan kali ini aq ga masuk ICU. BAhkan setelah operasi q siang harinya dah bisa jalan ke kamar mandi sendiri. Para suster dan pasien sekamar q sampe heran karena q dah bisa bangun.
Tanggal 19 November 2008 q dah dibolehin pulang.

No comments: