Sunday, February 1, 2009

Me n sick 4

Tanggal 25 April 2007 q pertama kali control setelah q keluar dari dirawat, pergi ke IRNA A lt.4 dulu untuk ambil status, waktu ke IRNA q ketemu ma dr Arza, dia langsung kasih resep NGT, supaya nanti gitu di poli bisa langsung diganti n gak nunggu beli dulu di apotek. Q seneng banget karena q masih diperhatiin ma dokter, karena q merasa waktu di IRNA q dicuekin.
Abiz nebus NGT di apotek IRNA B q ma mama q ke poli bedah n nunggu antrian di panggil pal Jul. Tapi belum dipanggil pak Jul, gitu dr Arza nongol q dah disuruh masuk karena dah ada dr Bahtiar disana. Aq ma mama langsung masuk untuk diperiksa dan dr Arza nanya “ Umurnya berapa?”
“Emm berapa yah..24 kayaknya dok..” mama menjawabnya.
Q pun langsung menyalahkan, dengan bahasa isyarat, lalu dr Arza melihat statusq dan bilang “ Wah.. mo ultah nie..slamat yah..Gimana sih ibu kok ga tau ultah anaknya”
“Abisnya anaknya banyak dok” bales mama.
Dari poli q diajak ke kamar 1 untuk ganti NGT q yang udah lama ga diganti-ganti. Q bener2 takut banget, biznya sakit banget..Q dah membayangkan waktu NGT lama ditarik dari hidungq, srasa semua organ di perutq mau ikut keluar, dada rasanya perih banget dan hidung q juga sakitnya minta ampun.Ini merupakan untuk ke-3 kalinya q ganti NGT.
Dikamar 1 q disuruh masuk ruangan A, suster disitu dah siapin semua peralatannya. Dan gak lama kemudian dr Arza masuk,” Siap ya El..”
“Tunggu…” kataq tapi karena suaraq gak keluar, q pun pake isyarat tangan. Dan ternyata dr Arza tau..
Q berbaring diranjang kamar, sembari itu Q tarik nafas sebanyak-banyaknya, n abis itu q tahan nafas. Dan saat itulah dr Arza beraksi menarik NGT dari hidungq. Sakit banget….
Begitu NGT lama dah keluar semua q tarik nafas sepuas-puasnya samba megang dadaq. Sakit, kait banget…
“ Nah istirahat dulu beberapa menit yah..Tarik nafas dulu.. Ih..kok pake nangis..” Seperti biasa dia kalo ngomong selalu di selingi ngecengin aq.Padahal kan setelah operasi mataku emang selalu keluar airmatanya.Tapi itu yang bikin ngengenin, dokter genit, dokter yang paling nyebelin, dokter yang paling suka TP2 dan dokter yang paling baik tentunya…
Q Cuma bisa bales dia dengan gelengan, coz buku kecilq q taruh ditas.
Setelah beberapa menit dr Arza mulai beraksi lagi, dia membuka NGT baru dari bungkusannya, mengukur panjang NGT yang dibutuhkan untuk sampai ke lambungq dan melumuri NGT itu dengan gel, lalu memasukkannya ke dalam hidungku. Q disuruh asal telan aja, kayak menelan udah supaya NGTnya bisa masuk. Sekali lagi q merasakan sakit bukan main, q sebentar2 terbatuk-batuk. Tiap kali q batuk, dr Arza bilang: “Jangan dibatukin, telan aja El..Pelan-pelan yah..”
Dan akhirnya setelah sampai pada batas pengukuran q disiruh nahan dan dr arza mengikat NGT dengan plester.
“Gimana?”
“Sakit dok..” kataq pakai isyarat mukul2 dadaq.
Lalu dr Arza memeriksa nya dengan stetoskop, memeriksa dadaq dan mengetes aliran NGT dengan meletakkan stetoskop ke lambungku.
“Gak ada masalah kok.tepat sasaran..Abis ini langsung ke poli gigi yah..” katanya sambil nunjukin gaya khas nya yang serba terburu-buru.

Aku ma mama langsung ke poli gigi dan mulut bagian prosto untuk control ke drg Grace. Dan drg Grace menyarankan untuk dilakukan operasi lagi, supaya rahangnya di reposisi biar gak miring lagi.
Kalo ga direposisi katanya bisa berbahaya karena bisa-rahang bisa patah karena posisinya miring. Drg Grace langsung mengundang dokter dari bedah mulut. Dari bedah mulut malah bilang seharusnya dari awal saya harusnya ke bedah mulut saja, karena fibrous dysplasia juga bisa ditangani di bedah mulut. Lalu drg Grace memberi surat pengantar ke dokter bedah tumor untuk joint melakukan reposisi bersama drg Grace dan dokter bedah mulut.
Dari poli gigi q langsung ke poli bedah lagi, tapi dokternya dah pada pulang. Jadi q disarankan seminggu lagi untuk control.

Tanggal 2 Mei 2007 q kembali control ke poli bedah tumor dan dr Bahtiar setuju dengan ajakan joint drg Grace. Lalu beliau langsung memberi toleransi operasi. Setelah seminggu q urus cek darah, rontgen dan penyakit dalam q kembali ke poli bedah tumor dan dikasih surat pengantar rawat ma dr Syarif. Waktu itu q dianter oleh niken untuk nyari kamar di IRNA A. Sekali lagi kesitu, suster2 langsung bilang operasi lagi yah..Karena waktu itu kamar emang sedang penuh akhirnya q dikasih kamar untuk minggu depannya.
Tanggal 17 Mei 2007 pagi q masuk IRNA lagi untuk dirawat. Semua suster langsung “say hi” ke aq. Sebenernya kalo boleh milih q pingin Cuma skali operasi aja, tapi ternyata gak bisa. Keesokan harinya pas ronda pagi, pasukan dokter dokter langsung mengenali aq, terutama dokter yang udah senior. Waktu itu dokter jaga di IRNA A lt.4 dr Irawadi dan dr Syarif.Kali ini yang megang aq di ruangan adalah dr Irawadi. Gitu ronda q langsung dapet jadwal untuk oprasi tanggal 22 Mei 2007. Karena menurut hasil perundingan dengan dokter gigi hari itu mereka ada waktu. Pasien2 disitu yang datangnya lebih dulu dari aq langsung pada iri. Dan dr Irawadipun ikutan heran, kok bisa-bisanya q langsung dapat jadwal.
Tanggal 22 Mei 2007 pagi, dr Bahtiar biang kea q supaya jangan kecewa kalo tiba-tiba q ga jadi operasi. Karena namaq itu masuk ke jadwal operasi ke-2. Q disuruh berdoa aja. Q bener2 deg-degan takut kalo q ga jadi operasi, tapi ternyata Allah emang menghendaki hari itu q operasi. Yang tadinya q masuk ke jam ke -2 ternyata q masuk ke jam pertama, karena ada pasien yang batal operasi. Operasi kali ini q ga didampingi ortu. Cuma ada adekq cici ma lalan dan temanq ivo serta Nuy. Dan ga disangka ternyata atasanq bpk Sarimin datang juga. Coz q dengan suaranya waktu q setengah sadar waktu q biz op. Saat itu q mesti ditranfusi karna Hb q turun.
Malam harinya ada seseorang yang menengokku, q ga tau siapa, yang jelas tuh orang cakep dan dari gaya bicaranya kayaknya seorang dokter deh. Tapi q ga tau itu dokter siapa. Dia memeriksa mulutku dan member tahu kalo sementara emang gak boleh ngomong karena giginya di fixasi.
Pagi harinya pas ronda pagi dokter2 datang, dan setelah mengecek keadaan pasien dan dokter senior memberi pertanyaan ke dokter junior mereka mengitariku. Diantaranya dr Syarif, dr Irawadi, dr Bajaji, dan dr Bahtiar.
Q langsung nulis pesen” Dok sakit.. laper…” mereka langsung pada ketawa. Biznya dari kemarin q ga makan baik lewat mulut (ga mungkin, kan sakit) atopun lewat NGT.
Dr Bahtiar menyarankan ke dr Irawadi untuk mengambil sumbatan kasa dimulutku kalo emang darahnya udah bener-bener ga keluar lagi dan menghisap cairan perut lewat NGT dan memperbolehkan q untuk minum susu. Karena ga tau masih keuar lagi apa ga darahnya, jadi dr Irawadi mengambi kasa lama dan menggantinya dengan yang baru, sebelumnya mulutku dibersihkan dengan menggunakan alcohol dan betadin. Seperti biasa setiap abis operasi q selalu sakit batuk, itu karena masih pengaruh obat bius. Suster salmi langsung mengambil alat untuk suction, supaya kalo pas aq gi mo keluarin riak-riak sisa bius bisa di serap oleh suction.
TAnggal 28 Mei 2007 pagi q dah selesai mandi dan menunggu dokter pada ronda, waktu itu q dikagetin dengan kedatangan dr Arza. Dia sengaja lari dari t.3 untuk menengok aq bentar, itu katanya. Dia langsung melihat keadaanq bentar dan melihat status. Abis itu dia langsung kabur lagi. Dasar dokterq yang satu itu emang orangnya selalu melakukan sesuatu serba terburu-buru. Tapi q seneng banget, karena dianya masih inget ma aq dan menyempatkan waktu sibuknya untuk menjenguk aq. Ternyata hari itu q boleh pulang. Q seneng banget sebelum q pulang q sempat ketemu dr Arza walopun cuma sebentar.

Menurut Laporan pembedahan yang sempat q baca, 22 Mei 2007 dilakukan Operasi Reposisi IDW dan plate mandibula (fiksasi rahang atas dan bawah) oleh Bedah Tumor (dr Bahtiar Sp.B , dr Enos Sp.B), Bedah Mulut (drg.Dwi) dan Prostodontis (drg. Grace) di RSCM.
Adapun uraian Pembedahan:
1.Pasien telentang dalam GA
2.Prosedur A dan antisepsis daerah operasi dan sekitarnya. Kemudian dilakukan insisi intraoral di gingival sepanjang 12 cm
3.Plate dilepas, granulasi dibagian mandibula di eksisis
4.Diakukan oklusi gigi seoptimal mungkin
5.Dipasang Inter Dental Wiring (IDW)
6.Pasang pate mandibula disesuaikan dengan sisa mandibula
7.Plate mandibula di fixasi dengan 7 buah kawat
8.Luka Bucco ginggiva dijahit
9.Operasi selesai

No comments: