Tuesday, February 10, 2009

BUNUH DIRI? OH NO....

Bunuh diri?? Oo..tidak..
Bunuh diri merupakan salah satu perbuatan yang sangat dibenci oleh Tuhan dan hukumnya dosa. Umur manusia hanya Tuhan yang menentukan. Kalo Tuhan berkehendak qt mati saat ini, semua orang ga bisa mengelaknya. Orang yang tadinya sehat wal afiat pun bisa tiba2 aja meninggal.
Q punya 3 cerita seputar bunuh diri yang kuperoleh sewaktu q dirawat di RSCM, antara lain:
1. Seorang wanita muda mencoba bunuh diri dengan menenggak insektisida karena dia merasa gak kuat dengan masalah yang sedang dihadapinya. TApi karena Tuhan belum mau mencabut umurnya, maka dia ditemukan oleh keluarganya dan dibawalah dia ke RS. Di RS wanita itu berhasil diselamatkan. Tapi dampak dari perbuatannya paru2 nya jadi rusak. Rusak karena pengaruh obat tersebut. Selain itu, suaranya juga jadi serak dan gak bisa pelan. Tuh kan..malah jadinya nyengsarain diri sendiri. Hidup tapi dalam keadaan sakit seumur hidup.
2. Seorang ibu2, sebut aja ibu Sri. DIa bunuh diri karena difitnah oleh orang. Cara bunuh dirinya dengan motong tangannya menggunakan pemotong daging. Kebetulan dia seorang penjual WARTEG didaerahnya. Suaminya langsung membawanya ke RS. Dengan ketrampilan dokter bedah orthopedi dan bedah vaskuler akhirnya tangannya bisa tersambung lagi. Adapun operasi yang dijalani gak cuma sekali aja. Seingatku ada 4 x. Efek dari bunuh diri itu Ibu Sri tangannya jadi cacat sebelah dan harus menjalani teraphi supaya pergelangan tangannya minimal bisa digerakin.
3. Seorang ibu2 lagi, dia mencoba bunuh diri juga. Dia merasa ga bisa menasehati anak2nya. Kebetulan anak2nya pada bandel semua. Dengan mengambil silet yang ada dirumahnya, ia mencoba menyayat pergelangan tangannya. Dan masuklah ibu itu ke RS. Lagi2 dengan ketrampilan dokter bedah vasculer nadinya berhasil disambung lagi.

Dari ketiga orang tersebut merasa menyesal banget setelah dia melakukan percobaan bunuh diri. Karena bukannya mati, tapi malah timbul masalah baru. Dan ketiga orang itu merasa malu banget, karena begitu di RS masih ada yang lebih menderita dibandingkan dia.
Ibu yang ketiga merasa malu banget setelah mengenal "Maida", pasien bedah tumor. Seorang anak kecil dari Riau yang sedang kemoteraphi di RSCM hanya untuk sembuh. Sedangkan dia yang di beri kesehatan malah mencoba untuk bunuh diri. Si ibu selalu nangis kalo melihat Maida.

Jadi, bersyukurlah bagi orang2 yang diberi kesehatan. Bagi yang mempunyai masalah, janganlah kalian berfikiran dangkal untuk menghadapi. Semua orang pasti mempunyai masalah. Tuhan memberi cobaan kepada hambanya tidak melebihi dari kemampuan hambanya itu. Hal itu dijelaskan dalam QS: surat Al- Baqoroh ayat terakhir.

3 comments:

Anonymous said...

Wah salut dech dengan artikel2 mbak. :-)
Isi blog ini seputar perjalanan nyata mbak khususnya dalam perjuangan melawan sakit ya..?
Ia, sbar ya mbk, walau fisik sering sakit tapi pikiran tetap cerah kan.
Mbk ttap jdi mnusia unggul jdi penolong dn pemberi semangat bagi orng lain lewat blog. Tulisan2 mbk menggugah semangat ni, pahala yg mengalir insya Allah jdi balasan ni untuk mbk. Ternyata mnusia sama yg sakit atau sehat, yg membedakan adalh cra pikir dn semangat untuk bertahan hdup lebih baik ya.
Ok mbk, semangat trus ya.
Salam Blogger

Co, Anak Medan.

elyzha_widi said...
This comment has been removed by the author.
elyzha_widi said...

Sebelumnya saya ucapkan salam kenal dan terimakasih sudah mau membaca dan mengomentari blog saya.
Amin...makasih bwt do'anya yach...
TApi asli dech,,,di RSCM banyak banget kisah nyata yg gag bakal qt dapatkan diluaran.
Awalnya saya merasa jadi orang yang plng menderita loch..tp seiring berjalannya waktu dan belajar dari orang2 yg saya temuin akhirnya saya bisa menerima kenyataan.