Sunday, February 8, 2009

Me n sick 8 " Rekonstruksi mandibula"


Tanggal 22Mei 2008 masuk untuk di rawat. Tapi kali ini bukan dirawat di IRNA A lt.4. Melainkan di Gedung A Public Wings Lt 4. Cari ruang di Gedung A susah, kalo di surat pengantar rawat inap ga ada tulisan mo di operasi kapan ga bisa masuk. Jadinya kita ga dilama2in tinggal di Rumah sakit. Sekarang ga ada unsur masuk dengan istilah “uang kopi/rokok”. Gedung A ini merupakan pengganti dari IRNA A, IRNA B dan cendrawasih..Pokoknya kondisi disini yang kesannya 180 derajat dari IRNA A. Tempat tidurnya masih baru2, ga jelek kayak di IRNA. Sekamar masih 6 orang, bedanya tiap kamar ada kamar mandinya. Udah gitu kamar mandinya pake shower dan toiletnya pake wc duduk. Dan yang jelas lebih bersih dari IRNA. Bedanya lagi peraturan disini ketat banget. Mo masuk ke gedung aja mesti ninggalin KTP itupun harus dengan alasan yang tepat, kalo gak gak boleh masuk. Jam kunjung pasien senin-jumat 16.30-18.30 dan kalo sabtu-minggu/hari libur ditambah jam 11.00-13.00. Dulu di IRNA pasien boleh ditungguin setelah operasi, tapi sekarang ga boleh. Karena semua dirawat oleh perawat. Kecuali pasien tersebut punya katru tunggu. Dan kartu tunggu Cuma bisa diperoleh kalo pasiennya bener2 butuh ditunggu misalnya : pasien payah dan orang tua.

Waktu aq masuk bulan itu, belum semua pasien dari IRNA di pindah ke gedung A jadinya masih ada ruangan2 kosong. Q sekamar dengan mbak Resti, ibu Eti, Ella dan beberapa orang lagi yg q dah lupa namanya.

Mbak Resti..waktu itu dia pasien ortho, dia mo operasi lepas pen. Dulu dia bis kena patah tulang karena bis kecelakaan. Mbak resti orangnya ramah, suka usil dan tapi nyenengin deh kalo ma dia. Kalo q ngomong n ngeluh ma dia, dia selalu member masukan2 bahwa qt masih harus bersyukur. Karena masih ada yang lebih parah dari kita. Q selalu diingetin “walo Lisa sakit kayak gini, tapi kerjaan ga di PHK kan?”.Mbak Resti orang yang tau dan paham ma omonganq yang agak kurang jelas bagi yang lain. Intinya dia sebagai penterjemahq.

Ibu Etty.. dia juga seorang PNS di DISHUB. Dia sakit penyumbatan pembuluh darah pada kakinya. Dia operasi udah berkali2. Dia yang paling lama diantara kita. Q suka ngerjain dia kalo pas gi jalan ke toilet. Q suka ngatain” klo jalan yang bener dunk..jangan dibuat2..” Kalo dah gitu kita pada ketawa karena satu ruangan kakinya pada sakit semua.

Ella..Kerjaannya nangis melulu. Padahal belum diapa2in. Dan semenjak mbak Resti pulang, ibu Ety selalu ngerjain n usilin dia. Kalo dah kumat usilnya, q Cuma bisa iyain aja sampe Ella nya kirain beneran.

Tanggal 28 Mei 2008 akhirnya datang juga. Hari ini q menjalani operasi Rekonstruksi Mandibula dengan menggunakan plate dan donor tulang kaki oleh
1. Bedah Plastik dengan konsulen dr. Enrina Sp.BP dan semua Tim Plastik( dr Eko, dr Tompi, dr Riza, dr Huntal, dr. Utama, dr. Ali, dr. Henry, dr Oky, dr Meidy)
2. Prostodontis FKG UI (drg. Jonan, drg. Desy)
3. Orthodontis FKG UI (drg. Novan dan drg. Yovela) di OK central RSCM.

Waktu itu q operasi lama banget yaitu 16 jam dan karena operasinya lama akhirnya q masuk ke ICU selama 3 hari. Waktu itu q ditungguin ma bapak, mas Win n cicie. Kebetulan waktu itu kakakq yang di Kalimantan datang dan ikut nungguin aq di sini.
Setelah q keluar dari ICU q merasakan sakit banget pada kaki kananq yaitu kaki yang tulangnya dipake buat donor ke mandibula. Dr Riza menyarankan posisi kaki kanan harus ditinggiin, supaya aliran darahnya gak mampet. Dan juga pergelangan kakiku digerakin dikit2, supaya ga kram. Waktu itu yang megang aq diruangan adalah dr Riza dan dr Oky. Menurut yang dibilang dr Eko, dr Riza juga lulusan dari UNDIP. Dr Riza orangnya perhatian banget, serasa q dimanjain ma bapak. Coz orangnya kebapakan banget. Dan dr Oky waktu itu orangnya masih asal2an, jadi sering kena marah dr Riza kalo dia melakukan kesalahan dalam menangani pasien. Tapi sekarang dr Oky dah canggih kok.. Oia..dulu dr Oky orangnya paling males banget ngomong. Waktu itu q sempat ngrumpiin ma Eka kalo q sedang di pegang ma dokter yang paling males ngomong. Eka pun penasaran siapa orangnya. Tapi setelah q tau nama dan kenal lebih lama ma dr Oky orangnya lain dari sebelumnya. Dia orangnya baik dan ramah juga.hehehe…

Tanggal 5 Juni 2008 q dah dibolehin pulang. Tapi kakiq lum boleh jalan sendiri. Q harus pake tongkat. Q baru ngrasain ternyata jalan pake tongkat itu susahnya bukan main dan harus sabar. Karena kalo ga pelan2 bisa jatuh. Q baru ngerasain betapa susahnya kalo kaki qt sakit. Saat2 paling susah yaitu saat mo ke toilet dan pingin buang air. Kebetulan di kontrakanq pake wc jongkok. Jadi krasa banget sakitnya karena kakiq yang kanan ga bisa di tekuk.


3 minggu pasca operasi q akhirnya merasakan kenikmatan untuk bisa jalan. Jalan ga pake tongkat. Walo emang kaki masih sakit, tapi lumayanlah dibandingkan dengan kemarin2. Waktu itu q kontrol ditemani ma cicie, dwi dan ivo.Mereka dengan sabar menemani aq jalan pelan2.


2 comments:

Anonymous said...

mbak....tato yang di vetis keren abizzz lho. mang bikin di mana ya? mau donk punya tato kayak gitu juga :-)

elyzha_widi said...

Emm mau ya..ganpang..
Mbak silvy pergi aja ke dokter bedah n minta dibikinin yang kayak py q. Oia..sekedar rekomendasi, tuh hasil karya TIM dokter bedah plastik di RSCM. Termasuk didalamnya ada dr Tompi loch.hehehehe...