Sunday, November 22, 2009

Suaraku (Jilid 2)


Akhirnya setelah 1 minggu di ICU aku kembali ke ruangan di IRNA A Lt4. Aku kangen banget ma keluargaku, ma suster-suster yang baik di IRNA A lt.4 dan ma temen-temen sekamarku. Sebab selama di ICU aku cuma bisa bertemu dengan dokter anestesi, beberapa dokter bedah tumor dan perawat ICU aja. ICU bener-bener jadi momok bagiku. Disana selalu aja ada nyawa yang melayang tiba-tiba. Sebelah kanan dan kiriku waktu itu meninggal karena gak bisa nafas.
Waktu itu yang menjemputku dari ICU adalah Suster Sari, Suster Tamara, kakakku Iin ma adekku Siwi. Kedua Suster lalu menggeledekku menuju ke ruang rawat IRNA A lt 4. Sampai di atas aku disambut suster-suster yang ramah, dan gak kayak suster di ICU. Dan ternyata temen sekamarku udah pada ganti kecuali ibu Banih. Ibu Yusrida,dan mbak Ana yang operasinya bareng aku udah di pulangin dan mereka dirawat jalan aja. Sedangkan Ibu banih masih lum dioperasi karena beliau masih antri ruang ICU.
Kakak dan adikku sengaja menyiapkan buku dan pena untuk aku berkomunikasi supaya aku bisa berinteraksi dengan yang lain. Begitu sampai di ruangan temen-temen sekamar dan kamar sebelah langsung pada jenguk ke ranjangku. Waktu itu ada mbak Murni anaknya Alm Opung Remina. Dia baru dapat kamar di ruang sebelah untuk Alm Remina waktu itu mau di operasi tumor yang ada di mandibulanya.
Awal pertama kali komunikasi dengan menulis membuatku sangat jengkel, karena aku melihat yang lain bisa ngomong dengan cepet sedangkan jawabanku melalui tulisan yang sangat membutuhkan waktu mereka untuk menunggu hasil tulisanku. Aku merasa jadi orang paling aneh, gak bisa ngomong, dan gak bisa makan dengan normal serta muka gak simetris. Waktu itu aku memakai selang NGT untuk makan dan makananku itu cuma cairan aja. Aku gak bisa merasakan rasa minuman yang masuk ke perutku dan aku cuma bisa merasakan lapar dan kenyang aja. Rasa manis, pedes, asam, pait ga bisa aku rasakan. Karena NGT itu masuk melalui hidungku dan selangnya itu panjangnya sampai ke lambungku.
Paling nyebelin lagi temen-temen sekamarku pada gak bisa baca-tulis kecuali ibu Banih. Jadi aku cuma bisa komunikasi dengan saudaraku, dokter, suster dan ibu Banih. Pernah suatu ketika aku masih belum bisa bangun, suster pada istirahat di ruang suster, adekku lagi nebus obat dan ibu Banih lagi priksa ke poli karena ada konsul dari dokter untuk persiapan operasi. Waktu itu aku mau minta tolong untuk membuat susu. Kebetulan waktu itu aku masih lemes banget. Akupun mencoba menulis tulisan ke mbah Rani temen sekamarku yang seumuran denganku. Aku kira karena masih muda, pasti bisa membaca. Ternyata dianya gag bisa. AKhirnya akupun mencoba pakai bahasa isyarat. Lama banget sampai aku jengkel dianya gak ngerti juga. Untung akhirnya kakakku yang dari Mushola datang. Dianya lalu membuatkan susu dan mengalirkannya ke NGT.
Semua keluhan yang aku rasakan aku tulis lewat tulisan-tulisan, yang aku sodorkan untuk di baca dr Arza. Dr Arza itu dokter yang merawatku di ruangan. Dia sedang mengambil spesialis Bedah umum waktu itu. Setiap waktu setiap saat aku selalu menunggu dr Arza datang ke ruangan. Tapi nyebelin banget, dianya jarang banget datang pada saat-saat aku butuhkan. Aku jadi sering uring-uringan tiap kali dia datang ke kamarku. Tapi kayaknya walopun aku sering marah ma dia, dianya tetep baik ma aku. Sebab dia selalu aja bikin kelucuan-kelucuan yang bikin marahku kadang menghilang, tapi cuma bentar. Pernah suatu hari dia pas mo masuk ke kamarku dia ngintip dari pintu:" Elisa masih marah gak ya ma aku.." Dengan mimik wajah yang lucu membuat orang yang liat jadi ketawa. Temen-temenku dari ruang sebelah aja sampai heran ma aku yang sering uring-uringan ma dr Arza. Mereka heran kok bisa-bisanya aku marahin dokter secakep dr Arza. Wah banyak juga yang ngefans ma dr Arza, aku sampai kena tegur fans2xnya. Weit..emang sie dia cakep,cakep banget dengan alis tebalnya yang khas yang membuat temenku Nuy terpana waktu nganter aku berobat ke Poli. Dan karena terpananya dia sampai rela menunggui aku malem hari waktu keluargaku sedang gak ada yang bisa nunggu untuk 2 hari. Tapi bagiku dr Arza nyebelin banget pada waktu itu.
Sampai akhirnya om wawan datang menjengukku dengan istrinya. Mereka membawakan makanan untuk yang nungguin aku yang waktu itu jatahnya mamaku yang nungguin dan juga membawa buku "La Tahzan". Aku mulai mengisi waktuku untuk membaca buku itu. La tahzan artinya jangan bersedih. Dr Arza tau aku sedang membaca tuh buku, jadi setiap kali datang pada saat aku ngambek ma dia,dia bilang: "Dah tamat lum baca La Tahzannya". Aku jadi tersenyum dan gak jadi marah ke dia. Nah dari situ aku mulai agak reda dengan amarahku dan dengan kesediahanku. Sebenernya setelah aku pikir dan pikir dengan kepala dingin sebenernya aku marah dengan apa yang terjadi padaku. Yang berubah 180 derajat setelah di operasi yaitu ga bisa makan karena gak ada langit-langit, gak bisa ngomong juga karena gak punya langit-langit serta muka yang sebelah gak ada pipi. Dan sayangnya yang kena pelampiasan itu dr Arza. hehehe..maap ya dok..
Selain aku mempersiapkan tulisan untuk dr Arza aku juga menyiapkan tulisan untuk dokter yang lebih senior, yaitu dr Bahtiar yang mengoperasiku. Waktu aku sodorkan pada saat ronde pagi ada yang nyeletuk tulisanku itu surat cinta, kalo gak salah yang nyeletuk dr Agus dan dokter-dokter tumor pun akhirnya menjuluki tulisanku itu sebagai "surat cinta". Tiap pagi nanyain "surat cinta"nya mana?. Pokoknya semua dokter ramah dan berusaha menghiburku. Seakan mereka tau apa yang aku rasakan.
Ada kejadian lucu-lucu lainnya. Salah satunya waktu aku nanya ke dr Arza kapan aku pulang? Dia jawabnya melalui tulisan juga. Aneh padahal dia kan bisa ngomong. Itu ga cuma sekali terjadi, orang tuaku juga waktu awal-awal bales tulisanku dengan tulisan juga. Sampai akhirnya aku menghabiskan banyak buku dalam waktu singkat. Akupun akhirnya bilang:"Mama kan bisa ngomong langsung kan..gak kayak aku".Beliau langsung ketawa dan baru sadar selama ini ikut nulis di bukuku. Selain itu temen-temen yang menjengukku juga ikut-ikutan nulis antara lain yuliadi, Niken, Ivo dan Riza. Aku sampai heran kenapa orang-orang pada ikut-ikutan nulis? Harusnya kan aku yang beradaptasi ma mereka.
Tiap kali mengingat itu aku jadi ketawa sekaligus bersyukur banget. Karena sekarang ini aku udah bisa bersuara walopun gak begitu jelas. Aku merasa pada saat itu Allah bener-bener menguji kesabaranku. Thanks Allah..

No comments: