Wednesday, May 6, 2009

Komplikasi 13 penyakit dalam 1 penyakit bedah orthopedi

Coba bayangkan..13penyakit dalam dan 1penyakit bedah orthopedi.. so pasti sakit banget. Satu penyakit aja sudah bikin kita mengeluh terus apalagi komplikasi.
Itulah yang dialami ibu mujaheti.Aku mengenal beliau waktu aku dirawat di gedung A lantai 4 pada tanggal 14 april 2009. Waktu itu aku mau menjalani oprasiku yang ke-11.
Si ibu gak bisa jalan karena kakinya patah abis jatuh,jadi diikat dan dikasih gantungan beban batu yang lumayan berat..aku gak tau itu berapa kilo,yang jelas waktu aku coba angkat lumayan membuat tanganku capek.
Ibu mujaheti punya 1 anak cowok.Anaknya beda bgt ma ibunya,karena anaknya kaya orang Irian.Kata ibu mujaheti anakny yg bernama "Sinchan" itu mirip bapaknya. Si Ibu sekarang cuma tinggal ma anak satu-satunya sedangkan suaminya pergi gak tau kemana dengan wanita lain. Si Sinchan anaknya lucu dan menurutku berbakti banget ma ibunya. Dia sampai dibela-belalin ga sekolah dan menungguin ibunya di rumah sakit. Sinchan juga rajin banget, seharian dia mengurus ibunya dan kalo malem dia kerja di dapur RSCM. Dia bantu para koki cuci piring dan peralatan lainnya cuma dibayar dengan makan sekenyangnya. HAl itu dia lakukan karena kondisi keuangan mereka seret. Karena ibu dah dirawat selama 6 bulan di RSCM.
Kalo diliat dari penyakitnya siapapun pasti akan kasian sama ibu, dia hampir setiap saat merintih kesakitan. Dia diam hanya pada saat lagi tidur aja. Tapi si ibu orangnya bandel banget, dia selalu makan apa yang jadi pantangannya. Ibu mempunyai riwayat penyakit ginjal jadi ga boleh minum terlalu banyak karena efeknya bisa sesak nafas. Itu yang terjadi hampir tiap hari jadi dia selalu pake bantuan oksigen. Dan hampir tiap hari dia makan mie dan bakso padahal kalo sakit ginjal kalo bisa menghindari makanan yang banyak vetsin.Selain itu, ibu juga mempunyai diabetes, tapi dia gak pernah pantang yang manis-manis. Huff.. capek kan... PAdahal kita udah sering ngingetin, kalo gak dituruti si sinchan selalu kena marah dari dia, dan kalo dia lagi sesak nafas dia juga marah ke sinchan. Kita yang denger sampai kasian banget ma anaknya.
Oia.. dia kan kakinya patah jadi dia ditangani dokter bedah orthopedi. Kakinya di iket pake elastis verban dan dikasih beban biar kakinya bisa lurus, tapi sayangnya dia selalu nyaruh anaknya untuk melepas bebannya.
Yah..begitulah sekilas kisah tentang salah satu penghuni RSCM yang pernah sekamar ma aku. Yang jelas setelah melihat keadaan beliau yang begitu parah aku jadi merasa bersyukur atas apa yang menimpa aku. Alhamdulillah...

No comments: